EDUKASI LITERASI KEUANGAN PASAR MODAL BAGI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH SAYANG IBU KOTA MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1038Kata Kunci:
literasi keuangan, pasar modal, investasiAbstrak
Dewasa ini, investasi adalah hal yang penting untuk dipahami dan dilakukan oleh masyarakat. Salah satu sarana investasi yang paling diminati adalah pasar modal. Pentingnya literasi keuangan khususnya pada sektor pasar modal adalah sebagai pengetahuan dengan harapan dapat terlaksananya transaksi investasi di pasar modal dan dapat meningkatkan perekonomian negara. Pemerintah mendorong masyarakat tidak hanya menabung namun berinvestasi jangka panjang termasuk di kalangan generasi milenial seperti siswa MA/SMA/SMK. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada peserta pelatihan tentang industri pasar modal di Indonesia serta mendorong mereka untuk membuka akun rekening saham agar dapat secara rutin berinvestasi di pasar modal. Peserta pelatihan terdiri dari 22 siswa dan 3 guru dari Madrasah Aliyah Sayang di ibu kota Mataram. Perencanaan kegiatan pengabdian mencakup observasi awal, survei, dan wawancara dengan mitra untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi, serta persiapan dan pelaksanaan kegiatan edukasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bagaimana pendidikan ini meningkatkan kemampuan seseorang untuk membuat keputusan keuangan yang bijaksana. Kesejahteraan masyarakat dan perekonomian suatu negara dapat ditingkatkan secara langsung melalui pilihan investasi yang bijaksana.
Referensi
Aprilian, W. E., Sesandi, D. A., & Dkk. (2023). Pentingnya Pemahaman Literasi Keuangan Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa Di Pasar Modal. Jurnal Pijar Studi Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 120–124.
Fahlevi, F., & dkk. (2023). Peningkatan Kesadaran Masyarakat Dalam Berinvestasi Pasar Modal Melalui Sekolah Pasar Modal di Gampong Lamgapang. Jurnal Pengabdian Aceh, 3(1), 91–96. https://www.jpaceh.org/index.php/pengabdian/article/download/208/141
Fakhruddin, I., Firdaus, F., Kurniawan, K., Santi, S., & Qudrah, H. H. (2023). Sosialisasi dan Edukasi Publik Pasar Modal di Madrasah Aliyah Al-Huda Bengkalis Riau. RENATA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua, 1(2), 27–31. https://doi.org/10.61124/1.renata.6
Meutianingrum, F. J., Yakin, I., & Mbere, V. (2024). Stocklab Sebagai Media Penguatan Literasi Pasar Modal Siswa SMA Muhammadiyah 2 pontianak. Communnity Development Journal, 5(1), 1577–1582.
Peristiwo, H., Itang, I., Suganda, A. D., & Muhajiroh. (2024). Literasi Berinvestasi di Pasar Modal Untuk Investor Pemula Bagi Masyarakat di Kecamatan Anyer. Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(10), 83–92. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10574324 Literasi
Perwitasari, A. W., Cahyibo, H., & Dll. (2023). Penyuluhan dan Sosialisasi Pasar Modal bagi Siswa SMA/SMK di Gresik. 4(4), 324–332.
Putra, A., & Saraswati, D. (2022). Tingkat Literasi Pasar Modal (Studi Pada Dosen Fakultas Ekonomi Umn Al Washliyah Medan). Jurnal Akuntansi Audit Dan Perpajakan Indonesia (Jaapi), 3(1), 263–273. https://doi.org/10.32696/jaapi.v3i1.1241
Shobri, M., Somad, A., & Alfiansyah, R. (2023). Pengenalan Literasi Keuangan dan Investasi Pasar Modal Syariah bagi Siswa SMA Negeri di Bawean. Journal of Smart Community Service, 1(1), 20–31. https://journal.cahyaedu.com/index.php/jscs/article/view/3
Sidiq, A. W., Permanasari, R., Romadon, A. S., & dkk. (2023). Pengenalan Literasi Pasar Modal Sebagai Sarana Menabung Saham Bagi Siswa Smk Negeri 9 Kota Semarang. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 237–247. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.3094
Utami, D., Afrida, A., & Marcel, G. S. (2022). Edukasi Literasi Keuangan Pasar Modal Bagi Masyarakat Kecamatan Ilir Timur II, Kota Palembang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2189. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.10965
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Abdimas Sangkabira
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.