PERANCANGAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PANGSA PASAR DAN DAYA SAING PRODUK TEH BUAH PALA

Penulis

  • Akram Akram Universitas Mataram
  • Nila Rahayu Universitas Mataram
  • Adri Anwar Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1039

Kata Kunci:

Pemasaran, Daya Saing, e-Commerce

Abstrak

Permasalahan mitra adalah: “Bagaimana e-commerce dirancang untuk meningkatkan pangsa pasar dan daya saing produk teh Pala?”. Solusinya adalah merancang sistem pemasaran dengan menggunakan e-commerce, namun terlebih dahulu memastikan produk tersebut layak dipasarkan ke skala konsumen yang lebih luas. Metode tersebut meliputi: a) Tahap Persiapan Kelayakan Produk; b) Promosi menggunakan Media Sosial (FB, Ig); kegiatan tersebut dilakukan dengan memastikan produk teh memiliki izin edar yang sah dari pemerintah (PIRT). Untuk itu tahapan utama yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini adalah membantu pelaku usaha untuk mendapatkan PIRT. Tahapan ini dilakukan sejak tanggal 16 Juni 2023 di Kantor Bupati Lombok Tengah dengan beberapa tahapan antara lain: a) Memastikan produk pangan yang dihasilkan memenuhi standar yang ditetapkan BPOM; b) Pendaftaran melalui aplikasi SPP-IRT yang terintegrasi dengan sistem OSS (Online Single Submission). Pendaftaran online dilakukan segera setelah NIB diperoleh; c) Menunggu jadwal survei lapangan oleh petugas; d) Menerima surat keterangan (SPP-IRT)

Referensi

Agustin, S. (2022). Buah Pala dan Manfaatnya bagi Kesehatan. Kementerian Kesehatan. https://www.alodokter.com/buah-pala-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan

Febriyanrti, D., Rifqi Pasca Very Dwi Pani, & Kardiyono. (2022). Diversifikasi Produk Olahan Pala. Pertanian Press. https://repository.pertanian.go.id/server/api/core/bitstreams/dad771b5-01db-4fed-98ca-b5850ffa78c6/content

Ikhsan. (2022). 15 Marketplace Online Terbesar di Indonesia [Update 2022]. Sasana Digital. https://sasanadigital.com/pilih-marketplace-atau-toko-online-sendiri-pahami-dulu-perbedaannya/

Maulida, W. Z., Anwar, & Dipokusumo, B. (2018). ANALISIS RANTAI PASOK MANISAN BUAH PALA DI DESA MANTANG KECAMATAN BATUKLIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH. 19(1), 62–72.

Nugraha, S., & Nuraeni, D. (2021). Peran Teknologi Internet Dalam E-Commerce. Journal Civics & Social Studies, 5(2), 181–191. https://doi.org/10.31980/civicos.v5i2.1474

Savitrie, E. (2022). Manfaat Teh bagi Tubuh. Kemeterian Kesehatan. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1665/manfaat-teh-bagi-tubuh

Unlam, H. (2022). PENGUATAN DAYA SAING MELALUI PERLUASAN PASAR BAGI PRODUK HOME INDUSTRY OLAHAN UDANG DI DESA BRATASENA (IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN MELALUI E_COMMERCE DAN KONSINYAS.

Diterbitkan

2024-06-08

Cara Mengutip

Akram, A., Rahayu, N., & Anwar, A. (2024). PERANCANGAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PANGSA PASAR DAN DAYA SAING PRODUK TEH BUAH PALA. Jurnal Abdimas Sangkabira, 4(2), 295–301. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1039