PERANCANGAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PANGSA PASAR DAN DAYA SAING PRODUK TEH BUAH PALA
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i2.1039Kata Kunci:
Pemasaran, Daya Saing, e-CommerceAbstrak
Permasalahan mitra adalah: “Bagaimana e-commerce dirancang untuk meningkatkan pangsa pasar dan daya saing produk teh Pala?”. Solusinya adalah merancang sistem pemasaran dengan menggunakan e-commerce, namun terlebih dahulu memastikan produk tersebut layak dipasarkan ke skala konsumen yang lebih luas. Metode tersebut meliputi: a) Tahap Persiapan Kelayakan Produk; b) Promosi menggunakan Media Sosial (FB, Ig); kegiatan tersebut dilakukan dengan memastikan produk teh memiliki izin edar yang sah dari pemerintah (PIRT). Untuk itu tahapan utama yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini adalah membantu pelaku usaha untuk mendapatkan PIRT. Tahapan ini dilakukan sejak tanggal 16 Juni 2023 di Kantor Bupati Lombok Tengah dengan beberapa tahapan antara lain: a) Memastikan produk pangan yang dihasilkan memenuhi standar yang ditetapkan BPOM; b) Pendaftaran melalui aplikasi SPP-IRT yang terintegrasi dengan sistem OSS (Online Single Submission). Pendaftaran online dilakukan segera setelah NIB diperoleh; c) Menunggu jadwal survei lapangan oleh petugas; d) Menerima surat keterangan (SPP-IRT)
Referensi
Agustin, S. (2022). Buah Pala dan Manfaatnya bagi Kesehatan. Kementerian Kesehatan. https://www.alodokter.com/buah-pala-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan
Febriyanrti, D., Rifqi Pasca Very Dwi Pani, & Kardiyono. (2022). Diversifikasi Produk Olahan Pala. Pertanian Press. https://repository.pertanian.go.id/server/api/core/bitstreams/dad771b5-01db-4fed-98ca-b5850ffa78c6/content
Ikhsan. (2022). 15 Marketplace Online Terbesar di Indonesia [Update 2022]. Sasana Digital. https://sasanadigital.com/pilih-marketplace-atau-toko-online-sendiri-pahami-dulu-perbedaannya/
Maulida, W. Z., Anwar, & Dipokusumo, B. (2018). ANALISIS RANTAI PASOK MANISAN BUAH PALA DI DESA MANTANG KECAMATAN BATUKLIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH. 19(1), 62–72.
Nugraha, S., & Nuraeni, D. (2021). Peran Teknologi Internet Dalam E-Commerce. Journal Civics & Social Studies, 5(2), 181–191. https://doi.org/10.31980/civicos.v5i2.1474
Savitrie, E. (2022). Manfaat Teh bagi Tubuh. Kemeterian Kesehatan. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1665/manfaat-teh-bagi-tubuh
Unlam, H. (2022). PENGUATAN DAYA SAING MELALUI PERLUASAN PASAR BAGI PRODUK HOME INDUSTRY OLAHAN UDANG DI DESA BRATASENA (IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN MELALUI E_COMMERCE DAN KONSINYAS.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Abdimas Sangkabira
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.