PENYULUHAN PEMASARAN JASA DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN WISATA KULINER PESISIR PANTAI TANJUNG BIAS DESA SENTELUK KECAMATAN BATULAYAR

Penulis

  • Alamsyah AB Universitas Mataram
  • Junaidi Sagir Universitas Mataram
  • Iwan Kusuma Negara Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v2i2.149

Kata Kunci:

Marketing Mix, Mutu Layanan, UMKM

Abstrak

Wisata kuliner kini mengalami perkembangan pesat dan semakin popular dikalangan masyarakat, akibat adanya perubahan gaya hidup masyarakat dalam pemenuhan konsumsi makan, dimana dalam mengkonsumsi makanan masyarakat tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja, namun juga untuk mencari kepuasan rasa, pelayanan dan suasana pemandangan. Perubahan trend masyarakat ini, mendorong banyak wirausahawan untuk mendirikan rumah makan pada lokasi-lokasi baru yang strategis dengan ciri khas masing-masing.Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat pedagang, lapak kuliner yang berada di pesisir pantai Tanjung Bias desa Senteluk Kecamatan Batulayar tentang pemasaran jasa (“Bukti Fisik,  Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati) dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan konsumen. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa penyuluhan dan memperkenalkan kepada para pengusaha Wisata Kuliner di Pesisi Pantai Tanjung Bias Desa Senteluk Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat tentang pentingnya aspek pemasaran suatu produk atau jasa. Salah satu yang penting dalam pemasaran jasa ini adalah upaya untuk meningkatkan mutu layanan dari suatu produk. Mutu layanan, dalam bentuk; Bukti Langsung (Tangible), 2) Keandalan (Reliability), 3) Daya Tanggap (Responsiveness), ) Jaminan (Assurance), 5) Kepedulian/ Empati (Empathy),
Disamping menawarkan konsep pengembangan mutu dan kepuasan konsumen diatas dalam pengembangan wisata kuliner perlu diperkenalkan konsep pemasaran yaitu Marketing Mix, Strategi bauran Pemasaran , ada 4 variabel yang biasa disebut 4 P, yaitu Produk (Product), Harga (Price), Tempat/Lokasi (Place) dan Promosi (Promotion)

Referensi

Achmad, Fandy. 2007. Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Rumah Makan Maibu Malang). Skripsi. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Akbar, Muhammad. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pengunjung Wisata Kampung Kidz Kota Batu). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Bachtiar. (2011). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa dalam Memilih Politeknik Sawunggalih Aji Purworejo. Dinamika Sosial Ekonomi Vol 7 No. 1.

Damardjati, R.S. (1995). Istilah-istilah Dunia Pariwisata. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Dwi Aliyyah Apriyani, 2017, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 51 No. 2 Oktober 2017

Ermawati, Wahyu Putri. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Saboten Shokudo Malang. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid 1. Jakarta: Indeks

______________________________. 2009. Marketing management (13th ed.) New Jersey : upper Saddle River

______________________________. 2012. Marketing Management. Edisi 14. Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Lauw Jessica dan Kunto Sondang Yohanes. 2013. Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di The Light Cup Cafe Surabaya Town Square dan The Square Surabaya. Jurnal. Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra. Vol.1, No.1.

Rambat Lupiyodi. 2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Stowe, L., & Johnston, D. (2010). Throw your napkin on the floor: Authenticity, culinary tourism, and a pedagogy of the senses. Australian Journal of Adult Learning , 52, Number 3.

Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta

_________. 2007. Statistik Untuk Pemimpin Berwawasan Global-Edisi Kedua. Jakarta : Salemba Empat

Stanton, William. 2011. Prinsip-prinsip pemasaran, jilid satu, Penerbit : Erlangga,Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Andi Offset

______________. 2001. Manajemen Jasa Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset

______________. 2007. Strategi Pemasaran Edisi kedua. Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service Quality & Satisfaction Edisi ketiga. Yogyakarta: Andi Offset.

Zeithaml, V.A., Bitner, M. J. dan Gremler, D. D. (2009). Service Marketing – integrating customer focus across the firm (5th ed.) New York: McGraw-Hill

http://www.kemenpar.go.id/userfiles/desember(1) Di akses pada 12 Juni 2017 15.35

http://ayuliard.blogspot.co.id/2016/11/tugas-3- pengantar-bisnis-tulisan.html Di akses pada 10 Juni 2017 20.17

https://hariannusa.com/2019/03/20/wisata-senteluk-lombok-barat-jadi-ikon-wisata-halal-di-ntb/ | HarianNusa.Com

Diterbitkan

2022-06-21

Cara Mengutip

AB, A., Sagir, J., & Kusuma Negara, I. (2022). PENYULUHAN PEMASARAN JASA DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN WISATA KULINER PESISIR PANTAI TANJUNG BIAS DESA SENTELUK KECAMATAN BATULAYAR. Jurnal Abdimas Sangkabira, 2(2), 202–219. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v2i2.149