OPTIMALISASI STRATEGI DIGITAL PADA PRODUK UMKM BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL DI DESA LINGSAR

Penulis

  • Sri Maryanti Universitas Mataram
  • Winia Meysahrani Universitas Mataram
  • Febrian Humaidi Sukmana Universitas Nahdlatul Wathan
  • Dewi Rispawati Universitas Mataram
  • I Gusti Agung Arista Pradnyani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v6i1.2445

Kata Kunci:

UMKM, digitalisasi, promosi digital, , QRIS, potensi lokal

Abstrak

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran vital dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional maupun daerah. Desa Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, merupakan salah satu wilayah dengan potensi sumber daya lokal tinggi, terutama dari hasil olahan kolang-kaling. UMKM Yokala memanfaatkan potensi tersebut melalui inovasi produk Yogurt Wedang Kolang-Kaling yang menekankan aspek kesehatan dan kearifan lokal. Namun demikian, keterbatasan dalam akses pasar dan kemampuan digitalisasi menjadi hambatan utama dalam pengembangan usaha. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan strategi digital UMKM Yokala melalui serangkaian tahapan: persiapan, sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan pelaku UMKM mengelola media sosial, memanfaatkan QRIS, serta memproduksi konten promosi yang menarik. Interaksi konsumen melalui media sosial juga mengalami peningkatan, yang menunjukkan keberhasilan strategi digital dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Secara keseluruhan, kegiatan ini menunjukkan bahwa integrasi antara potensi lokal dan teknologi digital mampu memperkuat daya saing UMKM serta mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan.

Referensi

Agung Wibowo, Riyan Juniarto Putro, Indah Aprilliyani, & Imam Mahmuddi Muharram. (2024). Pengembangan Potensi Umkm Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Lokal (Studi Kasus Desa Tawangharjo, Kecamatan Giriwoyo, KabupatenWonogiri). Inisiasi, 153–164. https://doi.org/10.59344/inisiasi.v13i2.250

Anggia, M. N., & Shihab, M. R. (2018). Strategi media sosial untuk pengembangan UMKM. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159-170.

Kadeni., Ninik Srijani. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Equilibrium, 8(2), 191–200.

Donoriyanto, D. S., Indiyanto, R., R, N. R. J. A., & Ali, Y. (n.d.). (2023). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Online Store pada Pelaku UMKM di Kota X. 4(1), 42–50.

Fitra, F., Ovanda, L. T., & Wahyuningsih, S. (2023). Pendampingan pemanfaatan sumber daya lokal untuk meningkatkan ekonomi lokal. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 179-186.

Irawati, R., & Prasetyo, B. (n.d.). (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi ( Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang ). 114–133.

Kementerian Koperasi dan UKM RI. (2023). Data Statistik UMKM Tahun 2022–2023. https://kemenkopukm.go.id

Paramita, M., Muhlisin, S., & Palawa, I. (2018). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Lokal Increasing Community Economy Through The Utilization Of Local Resources. 4(April), 19–30.

Putri, R. E., Wasito, M., & Lestari, A. N. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk UMKM Desa Suka Damai. 4(3), 667–675.

Saraswati, E., & Kunci, K. (2019). of Dedicators Strategi Perencanaan dan Biaya Pemasaran yang Efektif bagi UMKM Mitra Binaan PT . Semen Indonesia. 97–105. https://doi.org/10.340001/jdc.v3i3.10

Solapari, N., Shofiah, S., Tjahyadi, I., Rais, R., Al, G., & Haddar, Y. S. (2023). Pemberdayaan UMKM Melalui Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pengabdian West Science, 2(3), 185-190.

Susanti, R., Anastasya, D., Faye, P., Putri, N. D., Agustin, M., Karolina, A., Mulya, A., Utama, R. N., Marsha, A., Sari, P., Maftukhah, N. Z., Apriliani, M., & Lestari, F. A. (2024). Optimalisasi Potensi Lokal Dan Digitalisasi UMKM Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa. 4(5), 600–611.

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce Marketing of MSME products through social media and e-commerce. 5(2), 259–279.

Zafitry, H., Triyani, N. E., & Aziz, M. I. (2024). Penerapan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan UMKM Keripik Pepaya di Desa Lubuk Enau. 8(3), 885–891.

Diterbitkan

2025-11-03

Cara Mengutip

Maryanti, S., Meysahrani, W., Sukmana, F. H., Rispawati, D., & Pradnyani, I. G. A. A. (2025). OPTIMALISASI STRATEGI DIGITAL PADA PRODUK UMKM BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL DI DESA LINGSAR. Jurnal Abdimas Sangkabira, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v6i1.2445