Analisis Konsep Flow pada Mahasiswa yang Mengikuti Organisasi UKM di Universitas Malikussaleh
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep flow atau pengalaman optimal pada mahasiswa yang aktif mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Malikussaleh. Flow adalah kondisi psikologis saat individu merasa sepenuhnya tenggelam dan menikmati aktivitas yang dilakukan, ditandai dengan fokus tinggi, motivasi intrinsik, dan rasa puas dari dalam diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling terhadap 87 mahasiswa anggota UKM. Instrumen penelitian berupa skala flow yang dimodifikasi dari model Bakker (2005), yang mencakup tiga aspek utama: absorption, enjoyment, dan intrinsic motivation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa berada dalam kategori flow rendah (43,7%), disusul kategori fluktuatif (39,1%), dan hanya sebagian kecil yang mencapai flow tinggi (17,2%). Berdasarkan jenis kelamin, mahasiswa laki-laki memiliki proporsi flow tinggi yang sedikit lebih besar dibandingkan perempuan, namun keduanya didominasi oleh kategori rendah. Variasi juga ditemukan berdasarkan jenis UKM, di mana UKM seperti Voli dan Pramuka menunjukkan kecenderungan flow tinggi, sementara UKM seperti SSR dan SAR justru didominasi flow rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa pengalaman flow belum merata di kalangan mahasiswa organisasi, serta masih dipengaruhi oleh faktor personal dan lingkungan kegiatan. Hasil penelitian ini menjadi dasar penting untuk pengembangan strategi organisasi yang dapat mendorong partisipasi aktif dan keterlibatan mendalam mahasiswa.
Referensi
Aini, N. Q., Ilfiandra, I., & Saripah, I. (2019). Aspek-aspek flow akademik. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 3(2), 43–51.
Bakker, A. B. (2005). Flow among music teachers and their students: The crossover of peak experiences. Journal of Vocational Behavior, 66, 26–44.
Budiman, A. (2006). Mahasiswa dan perannya dalam organisasi kampus. Jakarta: Rineka Cipta.
Csikszentmihalyi, M. (1990). Flow: The psychology of optimal experience. New York: Harper & Row.
Csikszentmihalyi, M. (2014). The collected works of Mihaly Csikszentmihalyi: Flow and the foundations of positive psychology. Dordrecht: Springer.
Fadhilah, S. (2018). Hubungan interaksi sosial dan kebahagiaan pada mahasiswa organisasi. Jurnal Psikologi Sosial, 6(2), 89–97.
Hart, R. (2021). Positive psychology: The basics. Routledge.
Jackson, S. A., & Eklund, R. C. (2004). The Flow Scales Manual. Mind Garden, Inc.
Maheswara, F. Y., & Satoto, S. H. (2023). Pengaruh social commerce, brand image, dan brand trust terhadap minat beli produk Aerostreet. Jurnal Manajemen, 13(2), 176–186.
Nursyamsi, N., Rahmi, F., & Amenike, D. (2020, Agustus). Aliran mahasiswa aktif berorganisasi di Universitas Andalas. Dalam Seminar Nasional Psikologi dan Humaniora (SENAPIH) (Vol. 1, No. 1).
Setiawan, R., & Fauziah, N. (2021). Peran UKM dalam pengembangan soft skill mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Profesi, 10(2), 123–132
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Penelitian Mahasiswa Pariwisata

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.