PENGARUH VIRAL MARKETING, CELEBERITY ENDORSER,KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK WARDAH DIKOTA MATARAM
Keywords:
Viral Marketing, Celebrity endorser,Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian, Viral Marketing, Celebrity endorser, Brand Awarness, Purchasing DecisionsAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh viral Marketing, celeberity
endorser dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian pada produk wardah .
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di Kota Mataram yang pernah
menggunakan produk Wardah. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 75
responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling
dengan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah Regresi
Linier Berganda untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data yang telah memenuhi
uji validitas, uji reabilitas dan uji asumsi klasik kemudian diolah untuk mendapatkan
persamaan regresi. Teknik analisis data menggunakan Program SPSS Versi 29.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa Viral marketing (X1), Celeberity
endorser(X2), dan Kesadaran merek (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Keputusan pembelian (Y) pada Produk Wardag