PENGARUH CITRA DESTINASI WISATA BERBASIS BUDAYA, FASILITAS WISATA DAN MEMORABLE EXPERIENCE TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG WISATAWAN DI DESA WISATA BOENJERUK

Authors

  • Nadine Maulida FEB UNRAM
  • Dwi Putra Buana Sakti FEB UNRAM

Keywords:

Citra Destinasi Wisata Berbasis Budaya, Fasilitas Wisata dan Pengalaman Berkesan, Culture-Based Tourism Destination Image, Tourist Facilities and Memorable Experience

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Destinasi Wisata Berbasis Budaya ,Fasilitas
Wisata dan Memorable experience terhadap minta berkunjung ulang wisatawan di desa wisata Boenjeruk.
Sampel di dalam penelitian ini berjumlah 100 sampel. Teknik pengambulan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Analisis data pada
penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linear Berganda untuk membuktikan hipotesis penelitian.
Seluruh data penelitian diolah menggunakan SPSS Statistic 29. Hasil pengujian analisis data statistik
menunjukkan bahwa indikator dalam penelitian yang dilakukan dinyatakan valid di mana dalam uji asumsi
klasik, data terdistribusi normal dan tidak terjadi multikolinearitas. Hasil penelitian ini juga menunjukkan
bahwa variable Citra Destinasi Wisata Berbasis Budaya dan Fasilitas Wisata mempunyai pengaruh yang
positif dan signifikan terhadap variabel Minat Berkunjung Ulang. Sedangkan untuk variabel Memorable
Experience mempunyai pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap variabel Minat Berkunjung Ulang
Wisatawan Di Desa Wisata Boenjeruk

ABSTRACK
This research aims to determine the influence of culture-based tourist destination image, tourist facilities
and memorable experiences on requests for repeat visits by tourists in the Boenjeruk tourist village. The
samples in this research amounted to 100 samples. The sampling technique in this research used a
nonprobability sampling technique with a purposive sampling method. Data analysis in this research uses
Multiple Linear Regression analysis to prove the research hypothesis. All research data was processed
using SPSS Statistics 29. The results of statistical data analysis tests showed that the indicators in the
research carried out were declared valid where in the classic assumption test, the data was normally
distributed and multicollinearity did not occur. The results of this research also show that the Culture-Based
Tourism Destination Image and Tourism Facilities variables have a positive and significant influence on
the Intention to Revisit variable. Meanwhile, the Memorable Experience variable has a positive but not
significant influence on the Intention to Revisit Tourist variable in the Boenjeruk Tourism Village

Downloads

Published

2025-09-29