PENGARUH VIRAL MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN NUSANTARA DI DESA SEMBALUN KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Authors

  • Rindani Jati Nur FEB UNRAM
  • Lalu M. Furkan FEB UNRAM

Keywords:

Desa Sembalun; Electronic Word Of Mouth (E-WOM); Minat Berkunjung; Viral Marketing, Sembalun Village; Electronic Word Of Mouth (E-WOM); Interest.

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Viral Marketing dan Electronic
Word Of Mouth(E-WOM) terhadap minat berkunjung wisatawan di desa Sembalun
Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan
jenis penelitian asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner.
Dalam penelitian ini mengunakan 100 orang responden yang domisilinya berjarak lebih dari
80 kilometer (80 km) dari desa Sembalun. Hasil Penelitian menemukan, terdapat hubungan
yang positif antara Viral Marketing dengan Minat Berkunjung Wisatawan Nusantara di Desa
Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Terdapat hubungan yang positif antara Electronic
Word Of Mouth dengan Minat Berkunjung Wisatawan Nusantara di Desa Sembalun,
Kabupaten Lombok Timur.

 

ABSTRACT
This study aims to determine the effect of Viral Marketing and Electronic Word Of
Mouth (E-WOM) on tourist interest in visiting Sembalun village, East Lombok Regency.
This study uses quantitative research methods with causal associative research types. Data
collection techniques using a questionnaire. In this study using 100 respondents whose
domicile is more than 80 kilometers (80 km) from Sembalun village. The results of the study
found that there is a positive relationship between Viral Marketing and Interest in Visiting
Nusantara Tourists in Sembalun Village, East Lombok Regency. There is a positive
relationship between Electronic Word Of Mouth and Interest in Visiting Nusantara
Tourists in Sembalun Village, East Lombok Regency.

Downloads

Published

2025-09-29