PENGARUH WORD OF MOUTH CITA RASA DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Ahmad Rizki Wiguna FEB UNRAM
  • Lalu Edy Herman Mulyono FEB UNRAM

Keywords:

Word of Mouth, Cita Rasa, Store Atmosphere dan Keputusan pembelian, Word of Mouth, Taste, Store Atmosphere and Purchase Results

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth, cita rasa dan store atmosphere
terhadap keputusan pembelian pada Coklat Gila. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang
memutuskan pembelian pada Coklat Gila dengan menggunakan sampel 75 responden. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berjenis asosiatif, dengan
menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara
parsial variabel word of mouth tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 1,243 <
t tabel 1,993 dan nilai sig. 0.218 > 0,05. Variabel Cita Rasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian dengan nilai t hitung 2,040 > t tabel 1,993 dan nilai sig. 0.045 < 0.05. Dan variabel store
atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 4,205 > t
tabel 1,993 dan nilai sig. 0,00 < 0,05.

ABSTRACT
This research aims to understand the influence of word of mouth, taste and store atmosphere on
purchasing decisions in Coklat Gila. The population in this study was all consumers who decided to buy on
Mad Chocolate using a sample of 75 respondents. The research method used in this study is a quantitative
approach. This study is of the associative type, using classical assumption test and multiple linear regression.
The results of this study showed that partially the word of mouth variable did not affect purchasing decisions
with a calculated t value of 1.243 < t table 1.993 and a sig. value of 0.218 > 0.05. The Taste variable has a
positive and significant effect on purchasing decisions with a calculated t value of 2.040 > t table of 1.993 and
a sig value. 0.045 < 0.05. And the store atmosphere variable has a positive and significant effect on purchasing
decisions with a calculated t value of 4.205 > t table 1.993 and a sig. value of 0.00 < 0.05

Downloads

Published

2025-09-29