PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK IPHONE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MATARAM

Authors

  • Nurul Hasanah FEB UNRAM
  • Weni Retnowati FEB UNRAM

Keywords:

Citra Merek, Harga, dan Keputusan Pembelian, Brand Image, Price, and Purchasing Decisions.

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan
Pembelian Handphone Merek Iphone pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jenis
penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif asosiatif. Pengumpulan data
dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online. Populasi dalam penelitian ini yaitu
seluruh mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Mataram dengan jumlah sampel
sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability
sampling dengan metode purposive sample. Analisis data yang digunakan adalah analisis
Regresi Linear Berganda dengan menggunakan SPSS Versi 19. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y),
hal ini dibuktikan dengan nilai r sebesar 0,362 dengan signifikansi sebesar 0,000 kurang dari
0,05 atau 0,000<0,05. (2) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan
Pembelian (Y), hal ini dibuktikan dengan nilai r sebesar 0,343 dengan signifikansi sebesar
0,000 kurang dari 0,05 atau 0,000<0,05. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa Citra
merek dan Harga berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Iphone pada
Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

ABSTRACT
This research aims to examine the influence of brand image and price on purchasing
decisions for iPhone-brand cellphones among students at the Faculty of Economics and
Business. The type of research used is an associative quantitative approach. Data collection
was carried out by distributing questionnaires online. The population in this study were all
students from the Faculty of Economics and Business at Mataram University, with a sample
size of 100 respondents and a sampling technique using non-probability sampling with a
purposive sample method. The data analysis used is multiple linear regression analysis using
SPSS Version 19. The results of the research show that: (1) Brand image has a positive and
significant effect on purchasing decisions (Y); this is proven by an r value of 0.362 with a
significance of 0.000 less than 0.05 or 0.000<0.05. (2) Price has a positive and significant
effect on purchasing decisions (Y); this is proven by the r value of 0.343 with a significance of
0.000 less than 0.05 or 0.000<0.05. The results of this research indicate that brand image and
price influence the decision to purchase iPhone-brand cellphones among students at the
Faculty of Economics and Business

 

Downloads

Published

2025-09-29