PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN SANKSI KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU DI SMA NEGERI 1 GERUNG
Keywords:
Kepemimpinan, Sanksi Kerja, Disiplin Kerja, Leadership, Work Sanctions, Work DisciplineAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan dan Sanksi Kerja terhadap
Disiplin Kerja Guru di SMA Negeri 1 Gerung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif
kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru yang
ada di SMA Negeri 1 Gerung. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 73 orang. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode sensus dengan teknik sampling jenuh. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi dan menyebarkan kuesioner yang berisi
pertanyaan tentang Kepemimpinan, Sanksi Kerja dan Disiplin Kerja. Alat analisis yang digunakan yaitu
Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan program IBM SPSS Statistic 23. Hasil analisis
data menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Disiplin Kerja
Guru. (2) Sanksi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Disiplin Kerja Guru. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa Variabel Sanksi Kerja mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Disiplin Kerja
Guru di SMA Negeri 1 Gerung.
ABSTRACT
This research aims to determine the influence of leadership and work sanctions on the work
discipline of teachers at SMA Negeri 1 Gerung. The type of research used is causal-associative research
with a quantitative approach. The population in this study comprises all teachers at SMA Negeri 1 Gerung,
with a sample size of 73 individuals selected using the census method with a saturation sampling technique.
Data collection methods include interviews, documentation, and distributing questionnaires containing
questions about leadership, work sanctions, and work discipline. The data analysis tool used is Multiple
Linear Regression Analysis with IBM SPSS Statistics 23. The results of data analysis indicate that (1)
leadership has a positive and significant effect on teacher work discipline, and (2) work sanctions have a
positive and significant effect on teacher work discipline. The results of this study indicate that the variable
of job sanctions has a dominant influence on the work discipline of the teachers at SMA Negeri 1 Gerung.