PENGARUH ATRAKSI WISATA, AMENITAS, DAN AKSESIBILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG PADA WISATA KULINER PANTAI TANJUNG BIAs
Keywords:
Revisit Intention, Tourist Attractions, Amenities, Accessibility, Minat Berkunjung Ulang, Atraksi Wisata, Amenitas, AksesibilitasAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh Atraksi Wisata, Amenitas, dan Aksesibilitas
Terhadap Minat Berkunjung Ulang di Wisata Kuliner Pantai Tanjung Bias. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh pengunjung Wisata Kuliner Pantai Tanjung Bias sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah
100 konsumen yang pernah berkunjung ke Wisata Kuliner Pantai Tanjung Bias dengan menggunakan teknik
pengambilan purposive sampling dan accidental sampling.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
asosiatif. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan SPSS 27.0 for Windows, dimana dilakukan uji
validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisisregresi linear berganda, ujisignifikansi(uji t), dan uji koefisien
determinasi (R Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Atraksi Wisata berpengaruh positif dan
tidak signifikan terhadap Minat Berkunjung Ulang di Wisata Kuliner Pantai Tanjung Bias, (2) Amenitas
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berkunjung Ulang di Wisata Kuliner Pantai Tanjung Bias,
(3) Aksesibilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berkunjung Ulang di Wisata Kuliner Pantai
Tanjung Bias.
ABSTRACT
This research is aimed at finding out the influence of tourist attractions, amenities and accessibility on revisit
intention to the Tanjung Bias Beach Culinary Tourism. The population in this study were all visitors to the
Tanjung Bias Beach Culinary Tourism, while the sample in this study was 100 consumers who had visited the
Tanjung Bias Beach Culinary Tourism using purposive sampling and accidental sampling techniques. This
type of research is associative quantitative research. Data processing in this study used SPSS 27.0 for Windows,
where validity tests, reliability tests, classical assumption tests, multiple linear regression analysis, significance
tests (t tests), and coefficient of determination (R Square) tests were carried out. The results of this research
show that (1) Tourist Attractions have a positive and insignificant effect on revisit intention the Tanjung Bias
Beach Culinary Tourism, (2) Amenities have a positive and significant effect on revisit intention the Tanjung
Bias Beach Culinary Tourism, (3) Accessibility has an effect positive and significant towards revisit intention
to Tanjung Bias Beach Culinary Tourism.