PENGARUH ATRAKSI WISATA, AMENITAS, DAN AKSESIBILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG PADA WISATA KULINER PANTAI TANJUNG BIAs

Authors

  • Elsa Julianti FEB UNRAM
  • hilmiati FEB UNRAM

Keywords:

Revisit Intention, Tourist Attractions, Amenities, Accessibility, Minat Berkunjung Ulang, Atraksi Wisata, Amenitas, Aksesibilitas

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh Atraksi Wisata, Amenitas, dan Aksesibilitas

Terhadap Minat Berkunjung Ulang di Wisata Kuliner Pantai Tanjung Bias. Populasi dalam penelitian ini

adalah seluruh pengunjung Wisata Kuliner Pantai Tanjung Bias sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah

100 konsumen yang pernah berkunjung ke Wisata Kuliner Pantai Tanjung Bias dengan menggunakan teknik

pengambilan purposive sampling dan accidental sampling.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif

asosiatif. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan SPSS 27.0 for Windows, dimana dilakukan uji

validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisisregresi linear berganda, ujisignifikansi(uji t), dan uji koefisien

determinasi (R Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Atraksi Wisata berpengaruh positif dan

tidak signifikan terhadap Minat Berkunjung Ulang di Wisata Kuliner Pantai Tanjung Bias, (2) Amenitas

berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berkunjung Ulang di Wisata Kuliner Pantai Tanjung Bias,

(3) Aksesibilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berkunjung Ulang di Wisata Kuliner Pantai

Tanjung Bias.

 

ABSTRACT

This research is aimed at finding out the influence of tourist attractions, amenities and accessibility on revisit

intention to the Tanjung Bias Beach Culinary Tourism. The population in this study were all visitors to the

Tanjung Bias Beach Culinary Tourism, while the sample in this study was 100 consumers who had visited the

Tanjung Bias Beach Culinary Tourism using purposive sampling and accidental sampling techniques. This

type of research is associative quantitative research. Data processing in this study used SPSS 27.0 for Windows,

where validity tests, reliability tests, classical assumption tests, multiple linear regression analysis, significance

tests (t tests), and coefficient of determination (R Square) tests were carried out. The results of this research

show that (1) Tourist Attractions have a positive and insignificant effect on revisit intention the Tanjung Bias

Beach Culinary Tourism, (2) Amenities have a positive and significant effect on revisit intention the Tanjung

Bias Beach Culinary Tourism, (3) Accessibility has an effect positive and significant towards revisit intention

to Tanjung Bias Beach Culinary Tourism.

 

Downloads

Published

2025-11-03