PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DIGITAL MARKETING, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE DI KOTA MATARAM

Authors

  • Miftahul Jannah FEB UNRAM
  • Weni Retnowati FEB UNRAM

Keywords:

Keputusan Pembelian, Electronic Word of Mouth, Digital Marketing. dan kualitas pelayanan, Purchasing Decisions, Electronic Word of Mouth, Digital Marketing, and Service Quality

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth, Digital

Marketing, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee

di Kota Mataram. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Mataram yang pernah

melakukan pembelian di marketplace Shopee, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah

100 orang pengguna Shopee dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian

ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif. Pengolahan data pada penelitian ini

menggunakan SPSS 22.0, dimana dilakukan analisis linear berganda dan uji hipotesis dengan

uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), dan uji koefisien determinasi (R 2 ). Hasil penelitian

menunjukkan bahwa (1) Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap

keputusan pembelian. (2) Digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap

keputusan pembelian. (3) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap

keputusan pembelian.

ABSTRACT

This research is aimed at finding out the influence of Electronic Word of Mouth, Digital

Marketing, and Service Quality on the Shopee Marketplace in Mataram City. The population

in this study are Mataram City residents who have made purchases on the Shopee marketplace,

while the sample in this study was 100 Shopee users using an purposive sampling technique.

This type of research is an quantitative research with associative type. Data processing in this

study uses SPSS 22.0, which uses multiple linear regression analysis and hypothesis test with

partial test (t test), simultaneous test (f test), and the coefficient of determination test (R2 ). The

results of this study indicate that (1) Electronic word of mouth has a positive and significant

effect on the purchasing decision. (2) Digital marketing has a positive and significant effect on

the purchasing decision. (3) Service quality has a positive and significant effect on the

purchasing decision.

Downloads

Published

2025-11-03