PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DIGITAL MARKETING, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE DI KOTA MATARAM
Keywords:
Keputusan Pembelian, Electronic Word of Mouth, Digital Marketing. dan kualitas pelayanan, Purchasing Decisions, Electronic Word of Mouth, Digital Marketing, and Service QualityAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth, Digital
Marketing, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee
di Kota Mataram. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Mataram yang pernah
melakukan pembelian di marketplace Shopee, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah
100 orang pengguna Shopee dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif. Pengolahan data pada penelitian ini
menggunakan SPSS 22.0, dimana dilakukan analisis linear berganda dan uji hipotesis dengan
uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), dan uji koefisien determinasi (R 2 ). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian. (2) Digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian. (3) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian.
ABSTRACT
This research is aimed at finding out the influence of Electronic Word of Mouth, Digital
Marketing, and Service Quality on the Shopee Marketplace in Mataram City. The population
in this study are Mataram City residents who have made purchases on the Shopee marketplace,
while the sample in this study was 100 Shopee users using an purposive sampling technique.
This type of research is an quantitative research with associative type. Data processing in this
study uses SPSS 22.0, which uses multiple linear regression analysis and hypothesis test with
partial test (t test), simultaneous test (f test), and the coefficient of determination test (R2 ). The
results of this study indicate that (1) Electronic word of mouth has a positive and significant
effect on the purchasing decision. (2) Digital marketing has a positive and significant effect on
the purchasing decision. (3) Service quality has a positive and significant effect on the
purchasing decision.