PENGARUH KEMASAN, KUALITAS PRODUK, DAN LABEL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI BUBUK TELAPEN DI DESA KARANG SIDEMEN KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH
Keywords:
Kemasan, Kualitas Produk, Label, Keputusan Pembelian, Packaging, Product Quality, Label, Purchase DecisionAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kemasan, kualitas produk, dan label terhadap
keputusan pembelian kopi bubuk Telapen di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara
Kabupaten Lombok Tengah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah konsumen kopi bubuk
Telapen, dimana jumlah populasinya tidak diketahui. Sampel penelitian sebanyak 80 responden dan
diambil dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan
kuesioner. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian, sedangkan variabel
bebasnya adalah kemasan, kualitas produk, dan label. Analisis data digunakan dengan metode regresi
linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemasan, kualitas produk, dan label berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian kopi bubuk Telapen. Faktor kemasan, kualitas produk,
dan label mempunyai pengaruh sebesar 95,9% terhadap keputusan pembelian kopi bubuk Telapen,
sedangkan sisanya 4,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
ABSTRACT
This study aims to examine the effect of packaging, product quality, and labeling on purchasing
decisions for Telapen ground coffee in Karang Sidemen Village, North Batukliang District, Central
Lombok Regency.
This research is quantitative research. The research population is Telapen ground coffee consumers,
where the population size is unknown. The research sample was 80 respondents and was taken using
the Accidental Sampling technique. Data was collected using a questionnaire. The dependent variable
in this study is the purchase decision, while the independent variables are packaging, product quality,
and labeling. Data analysis was used with multiple linear regression methods
The results of this study indicate that packaging, product quality, and labeling have a positive and
significant effect on purchasing decisions for Telapen ground coffee. Packaging, product quality, and
labeling factors have an influence of 95,9% on the decision to purchase Telapen ground coffee, while
the remaining 4,1% is influenced by other variables not included in this study