PENGARUH KEMASAN, KUALITAS PRODUK, DAN LABEL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI BUBUK TELAPEN DI DESA KARANG SIDEMEN KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Authors

  • Alvira Paradita Syarif FEB UNRAM
  • Baiq Handayani Rinuastuti FEB UNRAM

Keywords:

Kemasan, Kualitas Produk, Label, Keputusan Pembelian, Packaging, Product Quality, Label, Purchase Decision

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kemasan, kualitas produk, dan label terhadap

keputusan pembelian kopi bubuk Telapen di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara

Kabupaten Lombok Tengah.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah konsumen kopi bubuk

Telapen, dimana jumlah populasinya tidak diketahui. Sampel penelitian sebanyak 80 responden dan

diambil dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan

kuesioner. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian, sedangkan variabel

bebasnya adalah kemasan, kualitas produk, dan label. Analisis data digunakan dengan metode regresi

linier berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemasan, kualitas produk, dan label berpengaruh positif

dan signifikan terhadap keputusan pembelian kopi bubuk Telapen. Faktor kemasan, kualitas produk,

dan label mempunyai pengaruh sebesar 95,9% terhadap keputusan pembelian kopi bubuk Telapen,

sedangkan sisanya 4,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

ABSTRACT

This study aims to examine the effect of packaging, product quality, and labeling on purchasing

decisions for Telapen ground coffee in Karang Sidemen Village, North Batukliang District, Central

Lombok Regency.

This research is quantitative research. The research population is Telapen ground coffee consumers,

where the population size is unknown. The research sample was 80 respondents and was taken using

the Accidental Sampling technique. Data was collected using a questionnaire. The dependent variable

in this study is the purchase decision, while the independent variables are packaging, product quality,

and labeling. Data analysis was used with multiple linear regression methods

The results of this study indicate that packaging, product quality, and labeling have a positive and

significant effect on purchasing decisions for Telapen ground coffee. Packaging, product quality, and

labeling factors have an influence of 95,9% on the decision to purchase Telapen ground coffee, while

the remaining 4,1% is influenced by other variables not included in this study

Downloads

Published

2025-11-03