PENGARUH PRICE DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP REPURCHASE INTENTION TIKET PESAWAT MASKAPAI GARUDA INDONESIA

PENGARUH PRICE DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP REPURCHASE INTENTION TIKET PESAWAT MASKAPAI GARUDA INDONESIA

Authors

  • Rizki Saepani FEB UNIVERSITAS MATARAM
  • Baiq Handayani Rinuastuti FEB UNIVERSITAS MATARAM
  • Akhmad Saufi FEB UNIVERSITAS MATARAM

Keywords:

Price, Perceived Value, Repurchase Intention

Abstract

This study aims to determine the influence of price and perceived value of cosumers on interest in repurchasing Garuda Indonesia airline tickets. The type of research carried out in this research is quantitative research. The population in this research are consumers who have purchased airline tickets of Garuda Indonesia. The number of samples taken was 100 people. The sampling technique used in this research is purposive sampling technique. Data was collected through an online survey and analyzed using multiple linear regression analysis using the SPSS version 25 program. The results of this research show that price and value perceived by consumers have a positive and significant influence on repurchase intention.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Ridwan. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Abigail Alda Widyartini, dan Dinalestari Purbawati. (2019). Pengaruh service quality dan price terhadap repurchase intention dengan costumer satisfaction sebagai variabel intervening pada konsumen e-commerce elevenia.co.id di kota semarang. Diponegoro Journal Of Social And Politic.

Adeline Felicia Lianto. (2018). Pengaruh trust, perceived value, brand image dan satisfaction terhadap repurchase intention batik air di Jakarta dan Tangerang. Jurnal

Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan. Volume 02, Nomor 04.

Adolphus K, Lawton CL dan Dye L. 2013. The Effects of Breakfast on Behavior and Academic Performance in Children and Adolescents. Frontiers in Human Neuroscience,7(425):1-28.

Agung Nugroho, 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistic Penelitian Dengan SPSS, Andi Yogyakarta, Yogyakarta.,

Anoraga, Pandji. 2000. Manajemen Bisnis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arifin, Imamul, 2007, Membuka Cakrawala Ekonomi, Jakarta: Setia Purna Inves

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Armstrong dan Philip Kotler. 2003. Manajemen Pemasaran, Eeedisi Kesembilan. Jakarta: PT.Indeks Gramedia.

Asnawi , N . dan Masyhuri , 2011, Metedologi Riset Manajemen Pemasaran, Edisi 2, Malang, UIN-MALIKI PRESS.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.,

Aura Nadhifa Salsabila, Basrah Saidani, dan Agung Kresnamurti P. (2022). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus Pada Pelanggan Gen Z. Jurnal Manajemen dan Keuangan Universitas Negeri Jakarta. Volume 3 Nomor 1.

Basu Swastha dan Irawan, (1999), Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2, Yogyakarta : Liberty.

Bustanul Ulum. (2018). Pengaruh perceived value terhadap repurchase intention dimediasi loyalitas pelanggan (studi kasus pada pelanggan cokelat klasik malang). Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang

Chairy, & Yantini. 2011. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanegara. Jurnal Manajemen , Vol 15, No. 02, pp.142-150.

Databoks.katadata.com (2022, 29 juni). Tiket Pesawat Mahal, Harga Avtur Naik 55% pada Semester I 2022. Diakses pada 12 februari 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/29/tiket-pesawat-mahal-harga-avtur-naik-55-pada-semester-i-2022

Dita Puspita Sari. (2016). Pengaruh iklan, harga dan e-service quality terhadap repurchase intention pada pengguna online travel agent Traveloka. Universitas islam negri syarif hidayatullah Jakarta.

Echdar Saban, 2017. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bogor : Ghalia Indonesia

Eka Cipta Winata, dan Sesilya Kempa. (2021). Analisis pengaruh perceived value dan service quality terhadap repurchase intention pada took emas sentral makassar. Jurnal Agora Universitas Kristen Petra Surabaya. Volume 9, Nomor 1.

Eko Purnomo. 2016. pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap minat beli konsumen

dalam membeli beras lokal (studi kasus desa Rambah Utama). Universitas Pasir Pangaraian.

Fandi, Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5th ed.). Semarang: AGF Books.

Firly Nur Fajriani, dan Arlin Ferlina Mochamad Trenggana. (2020). Pengaruh perceived value, e-lifestyle, dan promosi online terhadap repurchase intention pada pengguna kai access di Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis, Telkom University. Vol 5, No 1.

Garuda-indonesia.com. Data Historikal Operasional. Diakses pada 12 februari 2023, dari https://www.garuda-indonesia.com/id/id/investor-relations/company-data/historical-operating-data/index

Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi Sembilan.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, Joseph E. Jr. et al. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeeling (PLS-SEM). SAGE Publication,Inc. California. USA.

Halim, Beatrice Clementia. Diah Dharmayanti. Ritzky Karina. M.R Brahmana. 2014. “Pengaruh Brand Identity Terhadap Timbulnya Brand Preference Dan Repurchase Intention Pada Merek Toyota”. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1

Hellier, Philip K, Goursen Gus M, Carr Rodney A, Rickard John A. 2003. Customer Repurchase Intention A General Structural Equation Model. European Journal Of Marketing. 11(12).1762-1800.

Herman Ahmadi. (2013). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Gas Elpiji 3 Kg dalam Meningkatkan Citra Perusahaan (Studi Kasus Pada PT Hero Gas Jaya Ponorogo. Jurnal Manajemen Pemasaran : Volume 2 Nomor 1. STIE Dharma Iswara Madiun.

Hume, M., Sullivan Mort, G., Liesch, P., & Winzar, H. (2006). Understanding service experience in non-profit performing arts: Implications for operations and service management. Journal of Operations Management, 24, 304–324. https://doi.org/10.1016/j.jom.2005.06.002

Instagram @garasitiket.com. (2023, 7 Januari). Garuda Indonesia Best Deal. Diakses pada 25 juni 2023, dari https://instagram.com/garasitiket?igshid=YzcxN2Q2NzY0OA==

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). In Marketing Management (p. 27). Pearson Pretice Hall.

Kotler, Philip dan Armstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Laurensia Lagita, dan Vita Briliana (2018). Pengaruh costumer satisfaction, adjusted expectation, perceived value, dan perceived usefulness terhadap online repurchase intention pada pelanggan Lazada. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Jakarta. Volume 8, Nomor 01.

Maharani, Nesa Dya. 2021. Pengaruh Store Atmosphere, Variasi Produk, dan Harga Terhadap Repurchase Intention pada Economie Resto merrsurabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 10, Nomor 3. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Mardikawati W., dan Farida N. (2013). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Bus Efisiensi. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), hal. 64-75.

McDougall, GHG dan Levesque, T. (2000) Kepuasan Pelanggan dengan Layanan: Menempatkan Persepsi Nilai ke dalam Persamaan. Jurnal Pemasaran Jasa, 14, 392-410.https://doi.org/10.1108/08876040010340937

Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ramseook-Munhurrun, P., Seebaluck, VN and Naidoo, P. (2015) Hubungan Struktural dari Destination Image, Perceived Value, Tourist Satisfaction and Loyalty: Case of Mauritius. Procedia—Ilmu Sosial dan Perilaku, 175, 252-259.

Ryu, et.al. 2012. The Influence Of The Quality Of The Physical Environment, Food, And Service On Restaurant Image, Customer Perceived Value,Customer Satisfaction, And Behavioral Intentions. International Journal ofContemporary Hospitality Management, Vol. 24 Iss 2 pp. 200 – 223.

Sugiyono, PJA (2011) Bandung, Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabet. Sugiyono, Bandung.

Sugiyono. (2014). Populasi dan sampel. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Vol. 291, p. 292). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : IKAPI

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sumiati, dan Ratih Anggraini. (2022).“Analisis Pengaruh Faktor Brand Image, Food Quality, Price Dan E-Wom Terhadap Repurchase Intention Pada Oleh-Oleh Khas Kota Batam”. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah Universitas Nasional Batam. Volume 5 Nomor 2.

Sweeney, JC dan Soutar, GN (2001) Nilai Persepsi Konsumen: Pengembangan Skala Berbagai Item. Jurnal Ritel, 77, 203220. http://dx.doi.org/10.1016/S0022-4359(01)00041-0

Tuck, Sai Boey, Ekiz, Erdogan, Yusniza Kamarulzaman. (2012) Faktor-Faktor yang Menentukan Pilihan Maskapai Layanan Penuh dan Maskapai Berbiaya

Rendah: Kasus Malaysia. Jurnal Inovasi Asia-Pasifik dalam Perhotelan dan Pariwisata, Volume 1, No. 2

Downloads

Published

2024-09-17