PENGARUH MAKANAN KHAS TRADISIONAL, CITA RASA, DAN CUSTOMER INTIMACY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN AYAM TALIWANG KHAS PAK UDIN DI KOTA MATARAM PASCA PANDEMI COVID 19

PENGARUH MAKANAN KHAS TRADISIONAL, CITA RASA, DAN CUSTOMER INTIMACY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN AYAM TALIWANG KHAS PAK UDIN DI KOTA MATARAM PASCA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Muhammad Habibi Jayaputra FEB UNIVERSITAS MATARAM
  • Lalu Edy Herman Mulyono FEB UNIVERSITAS MATARAM
  • Handry Sudiartha Athar FEB UNIVERSITAS MATARAM

Keywords:

Traditional specialty Food, Taste, Customer Intimacy, Customer Loyalty

Abstract

This research aims to determine the influence of Traditional Specialty Food, Taste and Customer Intimacy on Customer Loyalty at Mr. Udin Typical Taliwang Chicken Restaurant in Mataram City Post the Covid 19 Pandemic.The population in this research is all consumers and customers who have made minimal purchasing decisions.Twice at Mr. Udin Typical Taliwang Chicken Restaurant in Mataram City after the Covid 19 Pandemic, while the sample from this research was a total of 100 consumers or customers who had made purchasing decisions at least twice at Mr. Udin Taliwang Chicken Restaurant using sampling techniques. purposive sampling. This type of research is associative research, data processing in this research uses SPSS 25.0 For Windows. Thus, based on the results of this research, all variables have a partial effect, where the variable traditional food has a positive and significant effect on customer loyalty, variable taste has a positive and significant effect on customer loyalty, and the customer intimacy variable has a positive and significant effect on customer loyalty. In essence, the researcher suggests that Mr. Udin typical Taliwang chicken restaurant can improve the quality of traditional specialties, increase consumer satisfaction and loyalty. and customers so that interest arises in making repeat purchases at Mr. Udin Taliwang Khas Ayam Restaurant in Mataram City after the Covid 19 pandemic

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Yuli. Ayam Taliwang Sebagai Wisata Kuliner Unggulan Di Kota Mataram Lombok Nusa Tenggara Barat. Diss. Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta, 2019.

Anggraini, Ratih, and Melly Yana. "Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Tempat, dan Kualitas Makanan Khas Melayu Terhadap Kepuasan Pelanggan Wisata Kuliner di Kota Batam." Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) 5.1 (2022): 1081-1094.

Sonatasia, Destri, Onsardi Onsardi, and Ety Arini. "Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong." JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS (JMMIB) 1.1 (2020): 11-25.

Andriani, D. (2005). Mahasiswa S2 pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh: Pemanfaatan Internet dan Bantuan Belajar. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 6(2), 77–91.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basuki, Agus Tri dan Prawoto, Nano (2016). Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis (Dilengkapi Aplikasi SPSS & EViews). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip (2002). Manajemen Pemasaran Edisi Millenium. Jakarta: PT. Prehallindo.

Nafiah, Naslikhatun (2021). Pengaruh Customer Intimacy , Promosi, Dan Citra Merek Islam Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia Kcp Godean 3 Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Skripsi Program Studi S1 Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Novita, Yeyen (2021). Pengaruh Service Quality Dan Customer Intimacy Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat KC Solo Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Skripsi Program Studi S1 Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wahid, Masaat (2007). Analisis Tingkat Hubungan Baik (Costumer Intimacy) Pasien Dengan Perawat Pada Ruangan Perawatan Bedah di RSUD dr. Chasan Boesoirie Ternate Tahun 2007. Skripsi, Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Ternate.

Warindrasti, R., & Pratama, A. A. N. (2021). Mampukah kepusan konsumen memediasi pengaruh personal selling, direct selling, dan nilai-nilai islam. Journal of Management and Digital Business, 1(1), 25-36

gustina, T. M., & As’ad, S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dan

Kepuasan Nasabah di BMT Bina Ihsanul Fikri Yogyakarta. Ekulibrium, 13(2).

Anis Nur Chabibah (2017) Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap produk makanan lokal berbasis singkong di kawasan wisata kuliner daerah istimewa yogyakarta kajian pariwisata

Anggriawan, F., Widodo, D., & Kartini, T. (2015). Pengaruh Customer Intimacy Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–7.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ketu). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafil, M. (2021). BSI Boyong Lima Penghargaan dari InfoBank |Republika Online.Www.Republika.Co.Id.https://www.republika.co.id/berita/qvgth9430/ bsi-boyong-lima-penghargaan-dari-infobank

Hidayah, S. N. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas produk, Kepercayaan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Nasabah BRI Syariah KCP Majapahit) Skripsi.

Hisanuddin, L. I. (2015).

Pengaruh Citra Merek Islam terhadap Loyalitas Nasabah Bank syariah. Scientica, II(2). Koyong, M. D., Sumayku, S., & Kalangi, J. (2016). Pengaruh promosi terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Mandiri Kantor Cabang Dotulolong Lasut Manado. Administrasi Bisnis, 4, 7.

“Pengertian, Pembentukan dan Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas”. (2017) Diambil 04:25 8 December 2022, dari https://sedang.com/@indotesis-Razak, A., & Oliver. (2018).

Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Negara Indonesia Cabang Kendari. Journal Economic and Business, 1(2), 10–20.

Published

2024-12-17