PENDAMPINGAN PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA D III PARIWISATA UNRAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i1.845Keywords:
Coaching Clinic, DIII Pariwisata Unram, mahasiswa, pendampingan, KTIAbstract
Mahasiswa DIII Pariwisata Unram harus menyusun Karya Tulis Ilmiah (KTI) sebagai salah satu syarat kelulusan. Dalam pelaksanaannya, banyak mahasiswa yang mengalami kendala dalam menyelesaikan KTI sehingga memperlama masa studi. Oleh karenanya, diperlukan kegiatan pendampingan untuk membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Sasaran kegiatan ini adalah mahasiswa DIII Pariwisata Unram yang mengalami kesulitan menyelesaikan KTI dan mendaftar sebagai peserta. Coaching Clinic dilaksanakan dengan memberikan pendampingan secara intenstif kepada mahasiswa peserta kegiatan. Pelaksanaan Coaching Clinic dilaksanakan secara klasikal dan diskusi intensif, di mana setiap mahasiswa memeproleh mentor yang mendampingi selama 1 minggu kegiatan. Kegiatan ini diikuti oleh 19 mahasiswa dan melibatkan 10 dosen DIII Pariwisata dengan jumlah mentor sebanyak 9 dosen. Setelah mengikuti Coaching Clinic, sebanyak 80% peserta berhasil menyelesaikan KTI dan sudah lulus. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan dapat dinyatakan berhasil.
References
Afandi, A. 2021. Mentoring Program: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.
Ananda, E., & Purwanto, W. 2021. Kendala Penyelesaian Tugas Akhir. AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 2(2), 61-72. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/aeej.v2i2.49
Connor, M., dan Pokora, J. 2017. EBOOK: Coaching and Mentoring at Work: Developing Effective Practice: Developing Effective Practice. McGraw-Hill Education (UK).
Definisi mentor diakses melalui KBBI daring pada laman https://kbbi.web.id/mentor pada 13 Oktober 2023 pukul 11.20 WITA.
Hartato, U. & Mimin, N.A. 2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian skripsi mahasiswa pendidikan akuntansi universitas negeri yogyakarta angkatan 2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XIV(1), 64-73.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2021. Rubrik Beban Kinerja Dosen 2021: Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 12/E/KPT/2021 tentang Pedoman Operasional Beban Kinerja Dosen.
Nisa, B. 2020. Kendala-Kendala Yang Dialami Mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam Menyelesaikan Tugas Akhir. Skripsi. UIN AR-RANIRY.
Pragholapati, A., & Ulfitri, W. 2019. Gambaran Mekanisme Coping pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Tingkat IV yang Sedang Menghadapi Tugas Akhir di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan X Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 3(2), 115–126. https://doi.org/10.28932/humanitas.v3i2.2168
Pranatasari, F.D. 2016. Pengaruh mentoring dosen pembimbing akademik terhadap prestasi akademik mahasiswa. Business Management Journal, 12(2), 260-279. http://dx.doi.org/10.30813/bmj.v12i2.432.
Sanistasya, P.A., Anna, N.A., Muhammad, Z., Dhea, A., Rahayu, K., Yessy, A., Muhammad, F.H., Kartika, Aini, P. 2023. Coaching clinic skripsi hack bagi mahasiswa administrasi bisnis universitas mulawarman. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3), 2577-2587. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14069
Setiawan, A., Nikodemus, N., Rizky, O.P.C., Khairi, R., Herry, W. 2023. Optimalisasi Penyelesaian Tugas Akhir Melalui Coaching Clinic pada Mahasiswa FISIP UMRAH. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 3(3), 877-886. https://doi.org/10.54082/jamsi.749
Zambrana, R. E., Ray, R., Espino, M. M., Castro, C., Douthirt Cohen, B., & Eliason, J. 2015. “Don’t Leave Us Behind”: The Importance of Mentoring for Underrepresented Minority Faculty. American Educational Research Journal, 52(1), 40-72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Abdimas Sangkabira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.