PEMBUATAN VIDEO PROFIL BILAL ARTSHOP DESA BELEKA LOMBOK TENGAH SEBAGAI MEDIA INFORMASI
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i1.1156Kata Kunci:
pemasaran digital, Kerajinan, Video profileAbstrak
UMKM merupakan pilar perekonomian bangsa Indonesia. Tantangan bertahan dalam era globalisasi mendorong UMKM berinovasi dan berkreasi menyesuaikan kegiatan produksi dan pemasarannya sesuai dengan perkembangan jaman. Penggunaan alat pemasaran digital sangat penting karena memungkinkan pemilik usaha untuk mempromosikan produk lebih cepat. Video company profile adalah bentuk lain dari company profile dengan format audio visual berupa cuplikan beberapa video yang menyajikan informasi dengan cara yang lebih menarik, visual, dan naratif. Desa Beleka Lombok Tengah merupakan salah satu desa sentra industri ketak yang tertua di pulau Lombok. Tidak tereksposenya desa wisata anyaman Beleka dan juga Bilalbeleke Art ini menyebabkan tidak banyak wisatawan yang tahu sehingga perlu adanya media untuk mengekspose potensi tersebut. Salah satunya dengan membuat film tentang perusahaan tersebut untuk mempromosikan produk baru dan membantu mendongkrak jumlah penjualan kerajinan ketak dan rotan di Desa Beleka. Ada lima langkah yang terlibat dalam pembuatan video profil perusahaan ini: praproduksi, produksi, pengiriman, dan brainstorming. Hasil dari terlaksananya pengabdian di Bilalbeleke Art, Desa Beleka ini adalah terciptanya sebuah video profil yang menyajikan informasi yang sangat lengkap mengenai kerajinan ketak dan rotan di desa Beleka. Video profil ini diharapkan mampu secara berkelanjutan memberikan kontribusi pada penjualan kerajinan ketak dan rotan di Desa Beleka.
Referensi
Ahyat, Muhamad, Lalu Moh Nurkholis, dan Okky Afriwan. 2020. “Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Pengrajin Ketak Khas Lombok Di Desa Karang Bayan.” Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service) 2 (3): 109–15. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i3.247.
Alwi, Fadhilah, dan HutomoAtma Maulana. 2023. “Pembuatan VideoPromosi Mitra Binaan UMKM PT. Kilang International RUU II Sungai Pakning.” Seminar Nasional Industri Dan Teknologi, Politeknik Negeri Bengkalis, no. September: 600–603.
Anatan, Lina, dan Nur Nur. 2023. “Micro, Small, dan Medium Enterprises’ Readiness for Digital Transformation in Indonesia.” Economies 11 (6). https://doi.org/10.3390/economies11060156.
Apriliani, Zohriyatun, Uswatun Hasanah, dan Andi Sofyan Anas. 2019. “Pembuatan Video Profil Dengan Efek Vintage Kampung Wisata Adat Sengkoah Sebagai Media Informasi.” JTIM: Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia 1 (1): 57–65. https://doi.org/10.35746/jtim.v1i1.15.
Ardiansyah, Muhammad, dan Jerry. 2023. “Perancangan Dan Pembuatan Video Company profile TK Kristen Tabqha Batam Dengan Metode MDLC.” Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro) 5 (1): 1128–36.
Arniya, Nining, Gusti Ayu Arini, dan Tuti Handayani. 2023. “Analisis Tingkat Produktivitas Usaha Kerajinan Anyaman Ketak Di Desa Darmaji Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2022.” Jurnal Konstanta 2 (1): 58–76. https://doi.org/10.29303/konstanta.v2i1.482.
Astuti, Ramlah Puji, Kartono Kartono, dan Rahmadi Rahmadi. 2020. “Pengembangan UMKM Melalui Digitalisasi Tekonolgi Dan Integrasi Akses Permodalan.” ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 8 (2): 248–56. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5764.
Hidayath, Ahmad, Zila Razilu, dan Hendra Nelva Saputra. 2024. “Pengembangan Company profile Berbasis Video Sebagai Media Promosi Universitas Muhammadiyah Kendari.” MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning dan Computer Science 4 (1): 108–17. https://doi.org/10.57152/malcom.v4i1.979.
Jasmine, Aisyah Maharani, dan Redito Benaya Loen. 2020. “Penggunaan Video Company profile Sebagai Sarana Informasi Dan Meningkatkan Promosi Pada PT Avoir Industry.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia (JTIM) 2 (2): 125–32. https://doi.org/10.35746/jtim.v2i2.100.
Sya’dian, Triadi, dan Rinanda Purba. 2021. “Pembuatan Video Promosi UMKM Rendy Handycraft.” Abdimas Budi Darma 2 (1): 1–5.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Abdimas Sangkabira
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Aplikasi Akuntansi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Aplikasi Akuntansi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.