MENINGKATKAN VISIBILITAS DAN DAYA TARIK WISATAWAN MELALUI DIGITAL MARKETING STRATEGY DI DESA WISATA KEBON AYU, KABUPATEN LOMBOK BARAT

Penulis

  • Iwan Kusmayadi Universitas Mataram
  • Djoko Suprayetno Universitas Mataram
  • Muhammad Mujahid Dakwah Universitas Mataram
  • Tuti Handayani Universitas Mataram
  • Iwan Kusuma Negara Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i1.1302

Kata Kunci:

desa wisata, media social, strategi pemasaran digital

Abstrak

Pelatihan strategi pemasaran digital ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik pengunjung ke desa wisata Kebon Ayu, Lombok Barat. Melalui metode pelatihan yang interaktif, seperti diskusi dan penyampaian konten materi yang relevan dengan kebutuhan peserta dengan berabagai isu terkini, pelaksanaan kegiatan pelatihan telah berjalan lancar sesuai harapan. Antusias yang tinggi dari peserta terlihat dari tingkat kehadiran dan partisipasi dalam diskusi menyiratkan keseriusan yang mendalam saat mengikuti pelatihan. Pelatihan ini telah memberikan kontribusi nyata dalam mengimplementasikan strategi pemasaran yang inovatif, melalui pemanfaatan platform media sosial untuk mewujudkan kesejahteraan ekonomi yang berkelanjutan.

Referensi

Amanda, S. R. (2022). Strategi Pemasaran Digital Marketing untuk meningkatkan jumlah Penjualan Paket Wisata Lombok. Journal of Mandalika Review, 1(1), 18–22. https://doi.org/10.55701/mandalika.v1i1.4

Destiana, R., & Astuti, R. S. (2019). PENGEMBANGAN PARIWISATA HALAL DI INDONESIA. In Conference on Public Administration and Society, 1(1).

Gupta, G. (2019). Inclusive use of digital marketing in tourism industry. Advances in Intelligent Systems and Computing, 862, 411–419. https://doi.org/10.1007/978-981-13-3329-3_38

Jaelani, A. K. (2018). Pengembangan Destinasi Pariwisata Halal Pada Era Otonomi Luas di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pariwisata, 5(1), 56–67. https://doi.org/10.31311/par.v5i1.3277

Kaur, G. (2017). the Importance of Digital Marketing in the Tourism Industry. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH, 5(6), 72–77. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v5.i6.2017.1998

Mathew, V., & Soliman, M. (2021). Does digital content marketing affect tourism consumer behavior? An extension of technology acceptance model. Journal of Consumer Behaviour, 20(1), 61–75. https://doi.org/10.1002/cb.1854

Nurjannah, S., & Kusuma, N. (2022). Diseminasi Ekowisata Melalui Kolaborasi Alam dan Tenun Rinjani Berbasis Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Pariwisata NTB. Prosiding Semnaskom-Unram, 4(1). https://proceeding.unram.ac.id/index.php/semnaskom/article/view/210%0Ahttps://proceeding.unram.ac.id/index.php/semnaskom/article/download/210/195

Sayekti, N. W. (2020). Strategi pengembangan pariwisata halal di Indonesia. Kajian, 24(3), 159-172.

Suryani, A. I. (2017). Strategi Pengembangan Pariwisata Lokal. Jurnal Spasial, 3(1). https://doi.org/10.22202/js.v3i1.1595

Suteja, I. W., & Wahyuningsih, S. (2019). STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI KULINER LOKAL DALAM MENUNJANG KEGIATAN PARIWISATA DI KAWASAN EKONOMI KHUSUS MANDALIKA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Media Bina Ilmiah, 14(2), 2035-2042.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan, (2009).

Vidya Yanti Utami, M. Yusuf, S. Y. ., & Mashuri, J. (2022). PENERAPAN COMMUNITY BASED TOURISM DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA BERKELANJUTAN SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT. TheJournalish: Social and Government, 3(3), 219–226.

Diterbitkan

2024-10-18

Cara Mengutip

Kusmayadi, I., Suprayetno, D., Dakwah, M. M., Handayani, T., & Negara, I. K. (2024). MENINGKATKAN VISIBILITAS DAN DAYA TARIK WISATAWAN MELALUI DIGITAL MARKETING STRATEGY DI DESA WISATA KEBON AYU, KABUPATEN LOMBOK BARAT. Jurnal Abdimas Sangkabira, 5(1), 103–109. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v5i1.1302

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama